DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

28 Mei 2008

Pembahasan Pelaksanaan Kegiatan Satker Pembinaan Penataan Ruang Nasional

Selasa (27/05/08), kembali dilaksanakan rapat pembahasan laporan pendahuluan kegiatan satker pembinaan penataan ruang nasional TA 2008. Rapat tersebut dimaksudkan untuk melakukan pembahasan atas presentasi konsultan mengenai kemajuan pekerjaan yang mereka laksanakan. Bertindak selaku pemimpin rapat Ir. Iman Soedradjat, MPM, Direktur Penataan Ruang Nasional, didampingi oleh Ir. Cut Safana, CES, Kasubdit Pedoman Penataan Ruang, turut hadir pula dalam rapat ini para pejabat dan staf di lingkungan Ditjen PR.

Presentasi pertama dilakukan oleh PT. Patita Galaxy, yang melaksanakan kegiatan pedoman penyusunan RTRW Provinsi, Kab. dan Kota. Menanggapi presentasi tersebut, Iman mengatakan bahwa perlu dilakukan studi banding untuk mempelajari penyusunan RTRW yang baik itu seperti apa, sehingga nantinya pedoman ini dapat memberikan petunjuk mengenai penyusunan RTRW yang baik, aplikatif, dapat dimengerti, dan dapat dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Kemudian, dilanjutkan dengan presentasi dari PT. WahyuGanda Galuh yang melaksanakan kegiatan pedoman penyusunan RDTR Kab/Kota. Yang menjadi poin penting dari kegiatan ini adalah pedoman ini nantinya dapat menghasilkan RDTR yang mudah untuk dioperasionalisasikan, karena sifatnya yang merupakan rencana rinci.

Presentasi terakhir diberikan oleh PT. Chighistara Nuangsa yang melaksanakan kegiatan pedoman penyediaan dan pemanfaatan ruang terbuka non hijau di kawasan perkotaan. Pedoman ini nantinya dimaksudkan untuk mengatur keberadaan Ruang Terbuka Non Hijau (RTNH) di suatu wilayah, sesuai dengan tipologinya masing-masing. (Rz/Wnd)

Sumber : admin_280508

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita