DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

20 Agustus 2008

Menjaga Kota Tetap Layak Huni Bagi Masyarakat

Kota seharusnya memiliki fungsi hunian yang strategis, dengan memperhatikan aspek kualitas lingkungan, serta kebutuhan psikologis masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kasubdit Pengembangan Kawasan Wilayah II Ditjen Penataan Ruang, Ir. Firman Napitupulu, MURP dalam talkshow di Radio Trijaya, Rabu (20/8) pagi. Hadir pula sebagai narasumber dalam talkshow tersebut Anggota Komisi V DPR-RI Abdul Hakim.

Firman mengatakan, dengan telah dikeluarkannya UU No. 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, diharapkan dampak dari urbanisasi dapat dihindarkan. Dalam UU No. 26/2007, keberadaan kota hunian yang layak telah diatur sesuai dengan prinsip-prinsip perencanaan maupun pemanfaatannya, bahkan akan mendapat sanksi apabila aturan tersebut dilanggar. Dengan begitu nantinya pengembangan kota akan menjadi suatu proporsi ruang terbuka hijau publik dan privat dapat terkendali.

”Dalam UU No. 26/2007 itu ada suatu sanksi yang mengatur, yaitu sanksi pidana tiga tahun dan denda sebanyak Rp 500 juta. Sanksi-sanksi tersebut diberikan tidak hanya kepada masyarakat, tetapi kepada pejabat yang memberikan ijin terhadap pelanggaran pembangunan penataan ruang. Hal ini dikarenakan ruang yang kita miliki sangat terbatas,” ujar Firman.

Untuk menciptakan kota yang layak huni, nantinya akan ada yang mengatur dan menjamin agar masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya. Firman menambahkan, untuk menciptakan dan menjaga kota agar layak huni, diperlukan peranserta masyarakat, dalam menjaga dan mengontrol kebijakan yang sesuai dengan yang tercantum dalam UU No. 26/2007. Melalui peran masyarakat, diharapkan suatu kota tidak hanya layak huni, tetapi juga menjadi suatu komunitas.

Sementara Anggota Komisi V DPR-RI Abdul Hakim menambahkan peran masyarakat dalam menjaga kota agar layak huni dapat dilakukan dengan turut berpartisipasi dalam upaya pengendalian pemanfaatan ruang. Harapan kedepannya, keinginan semua pihak untuk mewujudkan kota yang layak huni dapat tercapai. ( Ind/rzk)

Sumber : admintaru_200808

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita