DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

1 September 2008

Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik Ditjen Penataan Ruang Departemen PU

Kementerian pendayagunaan aparatur negara (kemenpan) sedang mengadakan penilaian kinerja Unit Pelayanan Publik dilingkungan pemerintahan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memacu peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh lembaga pemerintah kepada publik. Terkait dengan hal tersebut, Unit Pelayanan Publik Ditjen Penataan Ruang ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Departemen PU dalam proses penilaian ini.

Jum’at (28/8/08), tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara yang diketuai oleh Bpk. Suhardi berkunjung ke Ditjen Penataan Ruang departemen PU untuk melakukan penilaian sekaligus bertatap muka dan berdiskusi dengan tim pelaksana Unit Pelayanan Publik Ditjen Penataan Ruang.

Acara ini berlangsung di ruang rapat besar Ditjen Penataan Ruang dengan mendengarkan presentasi dari ketua tim pelaksana Unit Pelayanan Publik, Ir. Hadian Ananta W, CES. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Penataan Ruang Wilayah I, Ir. Bahal Edison Naiborhu, MT juga tim pelaksana Unit Pelayanan Publik Ditjen Penataan Ruang.

Hadian menjelaskan, Unit Pelayanan Publik dibentuk untuk memenuhi salah satu amanah UU No. 26/2007, dan berharap agar pada tahun 2009 mendatang dapat menjadi suatu Sekretariat Unit Pelayanan Kehumasan.

“ Sekarang ini kita orientasinya berbasis website. Karena berbasis website itulah maka yang terkait dengan manajemen pelayanan publik hanya terbatas pertama kepada saran dan pengaduan bagi pengguna informasi untuk meminta jawaban dari administrator, kedua prosedur standar pelayanan bagi pelanggan dapat mengakses ke internet, dan ketiga pelayanan langsung dapat diakses oleh pelanggan dengan mengirim email melalui website humaspr@yahoo.com”, Ujar Hadian.

Hadian juga menambahkan, bagi pelanggan yang berkunjung langsung ke sekretariat pengelolaan website, dapat mengakses informasi dengan mengisi identitas diri pada buku tamu,” begitu imbuhnya.

Berkaitan dengan Unit Pelayanan Publik ini Suhardi menjelaskan, untuk dapat meningkatkan kualitas layanan publik diperlukan upaya-upaya yang diarahkan kesemua sektor. Era sekarang yang populer dipakai disebut dengan ISO. Melalui penilaian kinerja ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemerintah kepada publik.

Beberapa saran dan masukan mengemuka dalam acara tersebut, dimana sebagian besar menekankan terhadap tugas Ditjen Penataan Ruang khususnya bagi Subdit Informasi dan Bina Masyarakat yang ditunjuk sebagai salah satu perwakilan Departemen PU dalam proses penilaian Unit Pelayanan Publik, agar dapat melaksanakan pelayanan publik sesuai yang diagendakan pada tahun 2009.

Dengan orientasi berbasis website yang terkait dengan manajemen pelayanan publik, kemudian akan menimbulkan kepuasan dari pelanggan yang nantinya akan menentukan citra dari institusi ini. Melalui pemberian pelayanan yang baik, maka diharapkan nantinya dapat terbentuk citra yang baik dari Ditjen Penataan Ruang khususnya Subdit Informasi dan Bina Masyarakat. (Ind).

Sumber : admintaru_010908

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita