DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

27 Desember 2020

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH/JANJI PEJABAT FUNGSIONAL PENATA RUANG KEMENTERIAN ATR/BPN

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang melantik 54 (lima puluh empat) orang Pejabat Fungsional Penata Ruang melalui mekanisme penyetaraan. Kelima puluh empat ASN dilantik oleh Direktur Jenderal Tata Ruang, Abdul Kamarzuki pada Rabu (23/12) lalu.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan arahan perlunya dilakukan penyederhanaan birokrasi dan penyederhanaan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional yang berbasis pada keahlian atau keterampilan dan kompetensi tertentu. Hal ini dilakukan tidak lain untuk menciptakan birokrasi yang lebih efisien, lebih efektif dan dinamis untuk mendukung kinerja pelayanan pemerintah kepada publik. Sekaligus untuk meningkatkan daya saing sebagaimana tertuang dalam surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 390 Tahun 2019.

Dalam sambutannya Abdul Kamarzuki mengatakan bahwa Kementerian ATR/BPN telah menindaklanjuti arahan tersebut dan melakukan langkah-langkah kongrit penyederhanaan birokrasi, mulai dari pejabat struktural eselon 5 dan pejabat struktural eselon 4. “Dengan telah dilakukannya langkah-langkah tersebut maka saat ini Kementerian ATR/BPN telah ditetapkan sebanyak 54 orang pejabat pengawas/eselon 4 yang dengan mekanisme penyetaraan dialihkan menjadi Pejabat Fungsional Penata Ruang,” ujar Abdul Kamarzuki.

Menutup sambutan, Abdul Kamarzuki berharap, “Jabatan Fungsional Penata Ruang memiliki peran penting dalam pembangunan di Indonesia, harapan saya Jabatan Fungsional Penata Ruang yang dilantik pada hari ini dapat memperkuat upaya kita bersama untuk mencapai tujuan penyelengaraan penataan ruang yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutupnya.

Pelantikan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Selain dilaksanakan langsung dari ruang rapat Prambanan, Gedung Ditjen Tata Ruang, pelantikan ini juga dilakukan secara daring.


Sumber : Sekretariat Dirjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita