DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

15 Januari 2021

SINERGI DAN KOLABORASI ANTAR KEMENTERIAN DAN LEMBAGA DALAM PERENCANAAN TATA RUANG CALON IBU KOTA NEGARA

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang, hingga saat ini masih melakukan langkah yang konsisten dalam proses perencanaan Calon Ibu Kota Negara (IKN) melalui penyusunan Rancangan Peraturan Presiden tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Calon Ibu Kota Negara (IKN).

Sinkronisasi dan kolaborasi senantiasa dilakukan dalam rangka penyepakatan muatan perencanaan bersama Kementerian/Lembaga.

Pada awal tahun 2021 ini, Direktorat Perencanaan Tata Ruang Nasional sebagai pengampu kegiatan telah memiliki konsep Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Calon Ibu Kota Negara yang dituangkan dalam bentuk Rancangan Peraturan Presiden. Dalam penyusunan Rancangan Peraturan Presiden ini, terdapat 3 (tiga) hal prinsip yang telah disepakati bersama Kementerian/Lembaga, yaitu mewujudkan Ibu Kota Negara sebagai simbol identitas bangsa, sebagai mesin penggerak ekonomi Indonesia di masa depan dan merupakan kota paling berkelanjutan di dunia.

Pada hakikatnya, masih diperlukan kerjasama antar Kementerian/ Lembaga dalam penyiapan hingga pelaksanaan pembangunan Calon Ibu Kota Negara, karena ini merupakan tugas bersama untuk mewujudkan impian bangsa dan negara yang lebih baik.


Sumber : Dit. Perencanaan Tata Ruang Nasional

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita