DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

7 Mei 2021

DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG SERAHKAN PERSETUJUAN SUBSTANSI RTRW KOTA SURAKARTA

Jakarta,– Direktorat Jenderal Tata Ruang melalui Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, Reny Windyawati melakukan penyerahan Surat Persetujuan Substansi beserta dokumen Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) RTRW Kota Surakarta Tahun 2021-2042, Selasa (4/5) silam. Pemerintah Kota Surakarta yang diwakili oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapeda) Kota Surakarta, Tulus Widjajat mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Surakarta berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kementerian ATR/BPN khususnya Direktorat Jenderal Tata Ruang, sehingga persub dapat segera ditandatangani.

Lebih lanjut, proses RTRW Kota Surakarta juga sedang berjalan di Bapemperda DPRD

“Diusahakan 15 Juni sudah disetujui bersama dan akan dianggarkan untuk penyusunan RDTR Kota, sehingga penyusunan akan dilaksanakan secara paralel. Kedepannya, juga akan dianggarkan KLHS untuk RDTR Kota, dan tahun depan diproyeksi KLHS sudah dapat disetujui oleh Bapak Wali kota,”

Tulus menambahkan, pada saat pembahasan bersama dengan DPRD, akan banyak masalah dan hal baru yang mencuat seperti Ruang Terbuka Hijau, sawah lestari, rencana Islamic Center serta adanya jalan elevated yang dapat mempengaruhi konstelasi ruang. Pengelolaan dan pemanfaatan daerah di wilayah lain seperti sumber air di Klaten dan juga makam-makam di Sukoharjo juga harus diperhatikan. Dengan demikian, Pemerintah Kota Surakarta berharap untuk tetap dapat berkonsultasi dengan Pemerintah Pusat dalam penyusunan RTRW dan RDTR Kota Surakarta.

Reny Windyawati selaku Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I menuturkan bahwa pemerintah pusat tetap berharap pemerintah daerah yang dapat menetapkan peraturan daerahnya (perda) dan perda yang sedang disusun dapat berjalan dengan sempurna.

“Mudah-mudahan muatan yang telah dipersubkan dapat diakomodir dalam muatan revisi, sehingga dalam proses pemanfaatan ruangnya dapat berjalan dengan lancar. Jangan sampai dengan banyaknya permintaan, merubah muatan revisi RTRW-nya. Kita sudah menjaga muatan revisi sesuai dengan materi teknis yang telah disusun sejak awal,”

Penyerahan surat dan dokumen persetujuan substansi ini menjadi pertanda bahwa dokumen Ranperda RTRW Kota Surakarta Tahun 2021-2042 telah siap untuk dilanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu proses pembahasan di daerah.


Sumber : Dit. Bina Wilayah I

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita