DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

21 Juni 2021

DJTR SECARA RESMI SERAHKAN DOKUMEN PERSETUJUAN SUBSTANSI RTRW KOTA TARAKAN

?Jumat (18/06), Direktur Jenderal Tata Ruang, Abdul Kamarzuki dengan Walikota Tarakan, Khairal melakukan penyerahan dokumen Persetujuan Substansi (Persub) RTRW Kota Tarakan, Kalimatan Utara.

Pada pertemuan tersebut, Khairul mengatakan bahwa bagian utara Kota Tarakan dipersiapkan sebagai kawasan industri minapolitan, "Pada (bagian-red) timur sebagaian untuk kawasan wisata, sebagaian untuk kawasan industri, dan juga ada kawasan pertahanan, sebelah barat, ada industri kecil menengah", jelas Khairul.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Khairul pada rapat lintas sektor (Linsek) kota Tarakan yang dilaksanakan pada Desember 2020 lalu. Dalam paparan Khairul saat itu, Khairul mengungkapkan, tujuan dari penataan ruang kota Tarakan yaitu agar terwujudnya ruang wilayah kota Tarakan sebagai pengembangan kegiatan Minapolitan, serta sentra perdagangan jasa, industri dan pariwisata berskala regional yang nyaman dan berkelanjutan.

Abdul Kamarzuki menyampaikan harapannya bahwa Persub ini akan segera menjadi Peraturan Daerah (Perda). "Prosesnya diharapkan dapat segera menjadi Perda, apabila dalam dua bulan tidak menjadi Perda, maka akan menjadi Perwali (perwali-red)." Ujar Abdul Kamarzuki.

Setelah disahkannya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 yang merupakan peraturan turunan dari Undang-undang Ciptka Kerja, kini proses pengesahan dokumen Persub dari rapat Linsek mempunyai tenggat waktu, yaitu 20 hari, dan untuk tenggat waktu untuk proses penetapan Perda dari disahkannya dokumen Persub yaitu, dua bulan.


Sumber : Sekretariat Dirjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita