DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

7 September 2021

WORKSHOP EVALUASI PROGRAM MBKM DI LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG

Kementerian ATR/BPN, melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang, menggelar workshop evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), pada Jumat (03/09) lalu yang dilaksanakan secara daring dan luring. Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i guna mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan mereka.

Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, Hardian, membuka acara dengan menyampaikan bahwa program MBKM di lingkungan Ditjen Tata Ruang membuka kesempatan mahasiswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam penyelenggaraan penataan ruang. “Program MBKM menjadi sebuah peluang terutama bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi khususnya dalam tahapan-tahapan perencanaan tata ruang dan mendukung percepatan penyelesaian RDTR”, tutur Hardian.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI), Iwan Rudiarto, menyatakan bahwa pihak perguruan tinggi dalam hal ini ASPI akan mendukung dan turut aktif dalam program magang yang dilakukan di lingkungan Kementerian ATR/BPN.
“Sinergi antara institusi pemerintah dengan dunia pendidikan, yang salah satunya diwujudkan melalui program MBKM”, Iwan Rudiarto melanjutkan, “diharapkan dapat mengakselerasi kinerja pemerintah.”

Program MBKM di lingkungan Ditjen Tata Ruang bergulir sejak bulan Juli dan direncanakan akan selesai pada bulan Desember 2021 mendatang. Program MBKM ini diikuti sebanyak 507 mahasiswa yang terdiri atas 481 mahasiswa dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) yang berasal dari 22 perguruan tinggi dan 26 mahasiswa prodi non-PWK yang berasal dari 8 perguruan tinggi.

Sebagai penutup, Kepala Bagian Program dan Data Informasi Ditjen Tata Ruang, E.A. Makarima Mohammad, mengatakan, “Program MBKM menerapkan prinsip simbiosis mutualisme bagi Kementerian ATR/BPN khususnya Ditjen Tata Ruang dalam upaya percepatan penyelesaian RDTR dan memberi manfaat bagi mahasiswa dalam mempraktikkan disiplin ilmu, serta mendapatkan kesempatan dan pengalaman kerja di lingkungan pemerintahan.”


Sumber : Sekretariat Dirjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita