DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

13 September 2021

SUSUN RDTR KAWASAN INDUSTRI TENAYAN, PEMERINTAH KOTA PEKANBARU AUDIENSI DENGAN DJTR

Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional menerima audiensi Pemerintah Kota Pekanbaru (01/09) berkaitan dengan rencana penyusunan materi teknis Rencana Detail Tata Ruang di Sekitar Kawasan Industri (KI) Tenayan. Audiensi dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik Kota Pekanbaru dan diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru bersama jajaran Pimpinan OPD di antaranya Kepala Bappeda, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kepala Dinas Perhubungan.

Muhammad Arifin Siregar, Kasubdit Perencanaan Rencana Detail Tata Ruang Kawasan Daya Dukung Lingkungan mewakili Direktorat Jenderal Tata Ruang menyampaikan, “RDTR di sekitar Kawasan Industri Tenayan merupakan arahan prioritas nasional dan diharapkan dengan tersedianya RDTR yang terintegrasi dalam sistem OSS ini dapat meningkatkan “Ease of doing business” di Kota Pekanbaru.”

Pada kesempatan yang sama Adi Lelono selaku ketua tim penyusun materi teknis RDTR juga memaparkan konsep Ecotourism dan Industri yang akan dilakukan pada wilayah perencanaan dengan luas mencapai 3.779Ha tersebut. Hal ini tak lepas dari posisi WP yang berada di sekitar KI Tenayan dan memiliki potensi alam berupa Danau Bandar Kayangan dan Sungai Siak yang merupakan bagian dari sejarah budaya melayu.

Walikota Pekanbaru, Firdaus menyambut baik rencana penyusunan RDTR ini dan berharap keberadaan RDTR dapat membantu mewujudkan mimpi Kota Pekanbaru sebagai Smart City Madani berupa kota perdagangan dan jasa, sentra industri, dan membangkitkan semangat kewirausahaan masyarakat. “Seluruh jajaran OPD turut ikut terlibat aktif dalam proses penyusunan RDTR sehingga seluruh rencana pada masing-masing sektor dapat sinkron dan tertuang di dalam RDTR,” tambahnya.

Audiensi ini merupakan kegiatan pendahuluan yang dilakukan sebelum pelaksanaan Focussed Group Discussion pada hari Kamis 02/09 yang bertempat di Hotel Aryaduta yang difokuskan pada pembahasan konsep rencana struktur ruang, rencana pola ruang, indikasi program dan peraturan zonasi.


Sumber : Dit. Bina Wilayah I

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita