DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

13 Oktober 2021

BERJEJARING DAN MENGALAMI REALITAS DUNIA KERJA MELALUI PROGRAM MAGANG BERSERTIFIKAT

Sebagai bagian dari program Kampus Merdeka, program Magang Bersertifikat merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjembatani antara dunia kerja dan perkuliahan. Di lingkungan Ditjen Tata ruang, skema ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan tentang praktik dan pengalaman kerja dengan terlibat langsung dalam pelaksanaan kerja di tempat magang. Sementara bagi Ditjen Tata Ruang, program ini diharapkan dapat membantu akselerasi kinerja penyelenggaraan penataan ruang.

Dalam virtual sharing session “Monitoring dan Evaluasi Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di Lingkungan Ditjen Tata Ruang” pada Jumat (08/10) lalu, Putri Nurul Probowati, Kepala Bagian Program dan Data Informasi Ditjen Tata Ruang, selaku fasilitator program magang di lingkungan Ditjen Tata Ruang, menyampaikan bahwa program ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, tuntutan dunia kerja, dan masa depan yang berubah cepat. Pada sisi yang lain, melalui program ini, diharapkan dapat mengakselerasi kinerja Ditjen Tata Ruang terutama dalam penyediaan basis data dasar dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang.

Dinamika dunia kerja bagi sebagian besar peserta magang merupakan hal baru. “Pembelajaran dan pengalaman bekerja melalui magang dengan segala up and down-nya”, tambah Putri Nurul, “memberikan tantangan sekaligus kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi, inovasi, kreativitas, dan membangun networking yang berguna bagi masa depan peserta.”

Program Magang Bersertifikat di lingkungan Ditjen Tata Ruang diikuti lebih dari 500 mahasiswa/i yang berasal dari dari 24 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini berdurasi 3 (tiga) dan 6 (enam) bulan.


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita