DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

21 Oktober 2021

PENYERAHAN PERSETUJUAN SUBSTANSI RTRW KOTA PALOPO TAHUN 2021-2041

Jakarta,- Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang menyerahkan Persetujuan Substansi (Persub) RTRW Kota Palopo Tahun 2021-2041 yang diselenggarakan secara terbatas pada Senin, (18/10).

Terkait dengan serah terima persub tersebut, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II, Eko Budi Kurniawan mengatakan, penetapan Perda RTRW Kota Palopo harus dilaksanakan paling lama 2 (dua) bulan sejak mendapat Persub sesuai dengan PP 21/2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang.

“Kami harap Pemerintah Kota Palopo dapat segera memproses penetapan Perda dalam waktu 2 bulan ini. Jika nantinya Perda RTRW Kota Palopo belum ditetapkan, maka penetapan akan dilakukan oleh Wali Kota paling lama 3 (tiga) bulan sejak mendapat Persub.” ungkap Eko.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Daerah Kota Palopo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, Firmanza menyatakan bahwa Pemerintah Kota Palopo akan segera menindaklanjuti penetapan Perda RTRW Kota Palopo bersama DPRD.

Ia menambahkan, karena belum ditetapkannya Perda RTRW Kota Palopo, maka beberapa pekerjaan strategis di daerah belum dapat dilaksanakan.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan Kementerian ATR/BPN dan Direktorat Jenderal Tata Ruang yang telah membantu kami dalam asistensi materi Ranperda ini pasca pembahasan Lintas Sektor sehingga Persub RTRW Kota Palopo 2021-2041 dapat terbit dan kami terima hari ini. Beberapa kegiatan strategis masih belum bisa berjalan jika Perda RTRW ini belum ditetapkan sehingga jika Perda ini nantinya sudah ditetapkan, akan menjadi acuan untuk penyelarasan dengan RPJMD dan RPJPD”.

Isu isu strategis yang termuat dalam Ranperda RTRW Kota Palopo diantaranya rencana pemenuhan RTH publik Kota Palopo sebesar 20,72% dari Kawasan Terbangun di Kota Palopo, Rencana Jalan Strategis Provinsi Jalan Pesisir Teluk Bone dan Reklamasi di pesisir Palopo.

Selain Sekretaris Daerah Kota Palopo, penyerahan Persetujuan Substansi juga dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Kota Palopo beserta OPD terkait.


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita