DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

14 Desember 2021

DUKUNG PERCEPATAN PENYUSUNAN RDTR DAN PELAKSANAAN OSS, KEPALA DAERAH DI JAWA TIMUR EKSPOSE RDTR

Surabaya, - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional melalui Direktorat Perencanaan Tata Ruang Nasional menggelar Ekspose Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam rangka pelaksanaan Online Single Submission (OSS) di Provinsi Jawa Timur. Kawasan yang terpilih menjadi Wilayah Perencanaan (WP) dalam rangka pelaksanaan OSS tersebut yaitu WP Banyakan-Grogol, Kabupaten Kediri; WP Kawasan Perkotaan Mayangan-Kanigaran dan Kademangan, Kota Probolinggo; dan WP Perkotaan Dringu-Gending-Pajarakan, Kabupaten Probolinggo yang masing-masing wilayah tersebut merupakan wilayah strategis dan mempunyai potensi investasi tinggi.

Acara diselenggarakan pada Kamis (9/12/21) di Hotel Four Points Kota Surabaya dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Kediri, Wali Kota Probolinggo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur, perwakilan masing-masing OPD di Daerah WP, serta perwakilan dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Dalam sambutannya, Wali Kota Probolinggo Habib Zainal Abidin memaparkan bahwa Kawasan Perkotaan Mayangan-Kanigaran dan Perkotaan Kademangan, wilayah yang telah ditetapkan dalam WP merupakan wilayah yang mempunyai potensi strategis. “Kegiatan industri dengan skala menengah, pusat perdagangan dan jasa, adanya kegiatan pariwisata, adanya Pelabuhan Tanjung Tembaga, serta Pantai Permata dengan luas kurang lebih 25 Ha merupakan nilai investasi yang akan mendorong pengembangan ekonomi Kota Probolinggo,” ungkap Habib.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Kediri Dewi Mariya Ulfa mengungkapkan bahwa Bandar Udara Kediri dan exit tol Kertosono-Kediri merupakan kebijakan nasional dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang menjadi salah satu kriteria yang digunakan dalam penetapan lokasi WP Banyakan-Grogol, Kabupaten Kediri. Dengan adanya penyusunan RDTR OSS ini diharapkan akan lebih mendorong ekonomi wilayah Kabupaten Kediri.

“Kami berharap tahun depan Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Perencanaan Tata Ruang Nasional dapat memberikan bantuan teknis RDTR kembali untuk wilayah bagian Utara WP RDTR OSS saat ini yang sedang disusun,” tegas Dewi.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Soepawiyono menjelaskan bahwa Kabupaten Probolinggo mempunyai potensi pertanian yang menjadi sektor andalan di Kabupaten Probolinggo yang perlu disiapkan sektor pendamping untuk meningkatkan pertumbuhan wilayah serta mengurangi disparitas wilayah. “Karena itu kami menyambut gembira dengan adanya rencana Kawasan Peruntukan Industri di WP RDTR OSS ini,” ungkap Soepawiyono.

Dalam kesempatan ini, Staf Ahli Menteri ATR/BPN Bidang Pengembangan Kawasan selaku Plt. Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional, Dwi Hariyawan memberikan arahan bahwa lokasi-lokasi yang ditetapkan sebagai WP merupakan lokasi-lokasi terpilih yang secara nasional telah didukung PSN. Selain itu, jalan merupakan salah satu infrastruktur bangkitan pertumbuhan ekonomi sehingga wilayah tersebut dapat dijadikan wilayah dengan investasi tinggi.

“Diharapkan Kepala Daerah dapat memberikan dukungan agar penyusunan RDTR OSS bisa secepatnya diselesaikan. Forum Penataan Ruang Daerah diharapkan segera dibentuk agar bisa memberikan pertimbangan kepada Kepala Daerah,” terang Dwi.

Dengan adanya penyusunan RDTR OSS di Jawa Timur ini kedepannya akan semakin memberikan kemudahan investasi, kemudahan perijinan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Peran serta seluruh pemangku kepentingan diharapkan dapat dioptimalkan sehingga apa yang menjadi tujuan penyusunan RDTR OSS dapat segera diselesaikan.


Sumber : Dit. Perencanaan Tata Ruang Nasional (Corry Agustina)

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita