DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

24 Januari 2022

PENYERAHAN PERSETUJUAN SUBSTANSI RTRW KABUPATEN BENGKALIS, RTRW KABUPATEN KUDUS, DAN RTRW KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Jakarta,- Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang menyerahkan persetujuan substansi RTRW Kabupaten Bengkalis Tahun 2022-2042, Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Kudus Tahun 2022-2042, dan Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2021-2041 di Hotel Gran Mahakam di Jakarta pada hari Rabu, (19/01/2022).

Persetujuan Substansi diserahkan kepada pihak Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang Kabupaten Kudus.

Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, Reny Windyawati dalam arahannya menyampaikan, dengan terbitnya Persetujuan Substansi ini, sangat penting bagi pihak pemerintah daerah untuk dapat menindaklanjuti dokumen RTRW ini hingga menjadi peraturan daerah (Perda) sesuai jangka waktu yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

“Proses penetapan Peraturan Daerah (Perda) hanya diberikan waktu 2 (dua) bulan untuk ditetapkan menjadi Perda. Hal ini sesuai dengan amanat Undang – Undang Cipta Kerja (UUCK) dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang,” ujar Reny.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, Bustami HY mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak Kementerian ATR/BPN yang dalam proses penyusunan RTRW Kabupaten Bengkalis terus memberikan arahan dan bimbingan.

“Dengan arahan dari Kementerian ATR/BPN, dokumen RTRW kami dapat melalui proses, tahapan, dan prosedur sesuai Undang – Undang Cipta Kerja (UUCK) dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang,” ucap Bustami.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar menyampaikan harapannya terhadap proses Perda RTRW Kabupaten Anambas. “Semoga setelah serah terima Persub ini, penetapan RTRW kami dapat segera disetujui bersama antara Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, sehingga kami dapat cepat melangkah ke tahap selanjutnya” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Arief Budi Siswanto selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kudus menyatakan bahwa dokumen RTRW ini sudah ditunggu kehadirannya sebagai acuan penyusunan RDTR. “Saat ini kami sedang menyusun produk RDTR di beberapa wilayah kami. Dengan produk RTRW yang telah diperbaharui ini dapat mempermudah kami menyusun RDTR sesuai data termuktahir”.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan dokumen Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 – 2042, Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Kudus Tahun 2022 – 2042, dan Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2021 – 2041.


Sumber : Dit. Bina Wilayah I

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita