DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

27 Juni 2022

RDTR ARAHAN PRIORITAS NASIONAL SEKITAR KI BATANJUNG DAN FOOD ESTATE DI KAPUAS PERKUAT EKSISTENSI KAPUAS DI KANCAH NASIONAL

Kapuas - Dalam rangka Penyepakatan Deliniasi RDTR Arahan Prioritas Nasional di Sekitar Kawasan Industri (KI) Batanjung dan Kawasan Food Estate (FE) di Kabupaten Kapuas serta Penjaringan Isu Pembangunan Berkelanjutan, Direktorat Jenderal Tata Ruang bersama Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas pada Kamis (23/07).

FGD tersebut dihadiri langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas, Salman beserta seluruh perangkat daerah terkait. Dalam sambutannya Salman mengungkapkan harapannya bahwa melalui penyusunan RDTR dsk KI Batanjung mampu mendongkrak perekonomian, mendorong investasi dan meningkatkan PAD Kabupaten Kapuas yang saat ini baru berkontribusi sekitar 7%. "Kabupaten Kapuas dikenal pula sebagai lumbung padi di Kalimantan Tengah, ke depan kami berharap Kapuas mampu menjadi Lumbung Padi Nasional melalui dukungan penyusunan RDTR ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Perencanaan Tata Ruang Kabupaten Wilayah II, Eniro Athiyyah menyampaikan apresiasi terhadap respon cepat Pemerintah Kabupaten Kapuas yang telah membentuk Tim Teknis Penyusun dan Pokja Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) di kedua lokasi melalui SK Bupati, "Nantinya ketika kedua RDTR ini telah ditetapkan menjadi Peraturan Kepala Daerah maka akan menjadi acuan dalam proses perizinan karena akan diintegrasikan dalam sistem Online Single Submission (OSS), untuk itu mari bersama kita mengawal penyusunannya agar dalam implementasinya tidak menyisakan masalah.”

Delineasi terpilih untuk RDTR dsk KI Batanjung seluas sekitar 7.940 ha berada di Kecamatan Kapuas Kuala yang meliputi 3 (tiga) desa yaitu sebagian Desa Batanjung, Sebagian Desa Simpang Bunga Tanjung, dan Desa Lupak Dalam, sedangkan untuk RDTR Food Estate seluas sekitar 41.281 ha yang meliputi hampir seluruh Kecamatan Bataguh. Sebelum pembahasan delineasi, telah dilakukan orientasi kawasan sebagai bagian dalam penguatan hasil desk study.

Penyepakatan terhadap delineasi terpilih dibuktikan dengan penandatanganan Berita Acara oleh seluruh perangkat daerah yang hadir. Kegiatan ini dilanjutkan dengan Penjaringan Isu Pembangunan Berkelanjutan dalam Rangka Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis di kedua lokasi RDTR.

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang

Subbag Umum dan Publikasi, Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita