DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

4 Juli 2022

ATASI KENDALA LAYANAN GISTARU RTR-ONLINE KEMENTERIAN ATR/BPN GELAR KLINIK VERIFIKASI DATA

Makassar- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang menggelar Klinik Verifikasi Data Rencana Tata Ruang (RTR) untuk Mendukung Layanan GISTARU RTR-Online. Acara ini diselenggarakan di Mercure Hotel Nexa Pettarani Makassar pada Rabu-Kamis, 29-30 Juni 2022.

Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, Farid Hidayat membuka acara dengan agenda Klinik Verifikasi Data Rencana Tata Ruang (RTR) untuk mendukung layanan GISTARU RTR-Online. GISTARU RTR-Online merupakan platform dalam mendukung Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) serta dapat diakses oleh masyarakat umum. “Saya harap coaching clinic dari Studio Peta kali ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin agar penyusunan RDTR ini tidak hanya berhenti sampai penyusunan materi teknis, sampai mendapatkan persetujuan substansi atau terbit peraturan kepala daerah, tapi kita pastikan sampai bisa terintegrasi dengan OSS,” jelas Farid.

Sebagai pembuka pemaparan, Sekretaris Pokja Studio Peta Direktorat Jenderal Tata Ruang, Ayu Adiyati Asih menjelaskan dalam mengunggah data RTR daerah pada GISTARU masih sering ditemui beberapa masalah dalam tahap kelengkapan data dan juga kesesuaian data. Jika data tidak lengkap maka data tidak dapat diproses untuk diverifikasi dan diunggah pada GISTARU RTR-Online. “Disamping kendala yang dihadapi dalam proses verifikasi data pada GISTARU RTR-Online, dengan adanya GISTARU masyarakat umum tidak hanya bisa mengakses, namun juga dapat mengerti peruntukan kawasan pada rencana tata ruang daerahnya masing-masing,” tutup Ayu.

Selaras dengan Ayu, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Yurnita menyampaikan dalam penyusunan RTRW Provinsi Sulawesi Selatan menghadapi beberapa kendala. Salah satu kendala yang dihadapi adalah proses integrasi antara RZWP3K dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang cukup rumit dan memakan waktu. “Dengan adanya PP No. 21 Tahun 2021, telah diatur pengintegrasian muatan teknis ruang laut menjadi satu produk rencana tata ruang. Kami juga sangat berterimakasih dengan adanya Studio Peta dari Kementerian ATR/BPN, khususnya Direktorat Jenderal Tata Ruang kami merasa sangat terbantu dalam mengatasi perubahan-perubahan regulasi terkait integrasi perencanaan tata ruang”, jelas Andi.

Saat ini juga disusun SIMTARU Sulawesi Selatan, yang memberi kemudahan informasi kesesuaian lahan untuk pembangunan khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan. “Dengan adanya SIMTARU, masyarakat dapat mengakses informasi seputar tata ruang melingkupi seluruh wilayah kabupaten/kota, selain itu SIMTARU merupakan bentuk integrasi dalam pengendalian pemanfaatan ruang menjadi lebih efisien,” tutup Andi.

Menutup diskusi, Evisanty Sibala selaku perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang PUPR Kabupaten Toraja Utara menyampaikan bahwa dalam proses penyusunan RDTR Kawasan Pariwisata Negeri di Atas Awan Lolai dan sekitarnya terdapat beberapa kendala. Kendala pertama adalah ketika penyusunan RTR dilakukan secara online, jaringan internet terutama di daerah pelosok tidak stabil. Kendala lainnya adalah adanya perubahan substansi pada bidang pola ruang paska materi teknis dan Ranperbup yang didasarkan atas PP No. 21/2021, Permen ATR/BPN No. 11/2021, serta Permen ATR/BPN No. 14/2021. “Untuk mengatasi kendala penyusunan RTR secara online, kami membagi menjadi beberapa cluster untuk konsultasi publik dan FGD (focus group discussion). Dalam mengatasi perubahan substansi penyusunan RTR serta mempercepat proses penyusunannya, kami mendapat bantuan teknis dari Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang”, tutup Evisanty.

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang
#GISTARU

Subbag Umum dan Publikasi, Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita