DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

9 Agustus 2022

DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG BERSAMA JICA BAHAS ADAPTASI PERUBAHAN IKLIM KE DALAM RENCANA TATA RUANG

Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang Farid Hidayat, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I Reny Windyawati, dan Direktur Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang Eko Budi Kurniawan menghadiri kegiatan rapat terkait integrasi perubahan iklim ke dalam rencana tata ruang, yaitu Project of Capacity Development for The Implementation of Climate Change Phase 2. Kegiatan rapat ini diinisiasi oleh Badan Kerja Sama Indonesia Jepang (JICA) di Jakarta pada Senin, (8/8/2022).

Dalam rapat ini dilakukan dua fokus pembahasan. Pertama, status terbaru mengenai progres studi komprehensif dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh tim konsultan. Kedua, opsi regulasi untuk pedoman pengarustamaan adaptasi perubahan iklim ke dalam rencana tata ruang dan prosedur pengesahan hasil studi.

Tercatat proses pengerjaan pedoman oleh JICA pernah dilakukan pada tahun 2015, melalui skema Project of Capacity Development for The Implementation of Climate Change Phase 1. Pedoman tersebut menggunakan pendekatan Kajian dan Risiko Adaptasi Perubahan Iklim (KRAPI).

Pada tahun 2018, dilakukan proses pengerjaan pedoman oleh Kementerian ATR/BPN. Pedoman ini menggunakan pendekatan berdasarkan ketersediaan kajian terkait perubahan iklim di lokasi kajian.

Pada tahun 2020 dirumuskan rangka kerja (framework) comprehensive study untuk penyempurnaan pedoman lalu tahun 2021 dilakukan quick study untuk memperbaiki pedoman, berdasarkan pedoman tahun 2015 dan tahun 2018.

Penyempurnaan hasil quick study dilakukan pada tahun 2021, penyempurnaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pada pilot project (Provinsi Jawa Barat dan Kota Semarang), finalisasi pedoman dan penyusunan rancangan regulasi.

Kegiatan rapat ini juga dihadiri oleh Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri - Institut Teknologi Bandung.

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang
#ForumIlmiah2022KementerianATR/BPN
#IntegrasiTataRuangdanPertanahan

Subbag Umum dan Publikasi, Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita