DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

14 Agustus 2022

OPTIMALKAN PELAKSANAAN PKKPR, DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG AUDIENSI BERSAMA PEMKAB BADUNG

Bali,- Dalam agenda kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Direktur Jenderal Tata Ruang Gabriel Triwibawa bersama jajaran mengunjungi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Badung, Bali, Kamis (11/08/2022). Salah satu tujuan dari kunjungan Dirjen Tata Ruang kali ini, yakni meninjau pelaksanaan pelayanan sistem Online Single Submission untuk memproses KKPR sebagai persyaratan dasar perijinan berusaha.

Tak hanya itu, Gabriel dan jajaran juga menyempatkan untuk melihat langsung bisnis proses dari LAPERON yang telah diterapkan oleh Pemkab Badung. Pada kesempatan tersebut Gabriel menegaskan bahwa sistem perizinan harus menunjukan akuntabilitas, keterbukaan informasi, dan kemudahan layanan perizinan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan yang turut mendampingi memperkenalkan LAPERON atau aplikasi Layanan Perizinan Online sebagai aplikasi berbasis website dan aplikasi, yang melayani 122 jenis perizinan dan non perizinan daring yang menjadi kewenangan Pemkab Badung.

"Sistem PKKPR yang dikembangkan adalah untuk penerbitan PKKPR Non Berusaha yang menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten Badung,” ungkap Agus Aryawan.

Dengan fitur ini, pemohon dapat memantau setiap proses permohonan PKKPR yang diajukan secara realtime melalui sistem. Agus menambahkan, pihaknya berusaha memberikan kemudahan, kecepatan, dan transparansi dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan sehingga dapat terwujud tata kelola pelayanan publik yang berkualitas serta memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan.

Turut mendampingi Direktur Jenderal Tata Ruang, Direktur Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang, Plt. Kakanwil BPN Provinsi Bali beserta jajaran DPMPTSP Kabupaten Badung.


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita