DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

15 Agustus 2022

KEMENTERIAN ATR/BPN GELAR PENUTUPAN PROGRAM MAGANG INSPIRING PERIODE SEMESTER I TAHUN 2022 SECARA RESMI

Jakarta,- Program Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth (INSPIRING) Periode Semester I Tahun 2022 secara resmi ditutup oleh Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 12 Agustus 2022 dan dihadiri oleh mahasiswa peserta program magang, mentor, dan dosen pembimbing lapangan baik secara langsung maupun melalui video conference.

Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, Farid Hidayat, menyampaikan bahwa Direktorat Jenderal Tata Ruang memiliki target yang besar yaitu penyelesaian 2.000 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dalam mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan sebagai amanat Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten/Kota yang ada. “Diperlukan paradigma dan usaha untuk tidak sekadar melaksanakan bussines as usual dalam penyelesaian RDTR. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu terobosan kolaborasi dengan kalangan akademisi dari perguruan tinggi melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)-INSPIRING ini,” ujar Farid.

Program INSPIRING Periode Semester I Tahun 2022 sendiri merupakan bagian dari program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program yang dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan Juli 2022 ini, difokuskan pada dukungan penyelesaian RDTR dengan melibatkan 293 mahasiswa dari 51 perguruan tinggi dan 67 mentor untuk penyusunan 93 RDTR yang tersebar di 21 provinsi dan 53 kabupaten/kota.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah, pihak program studi perguruan tinggi, para mahasiswa, serta pihak lainnya yang sudah sangat membantu dalam penyelenggaraan Program INSPIRING periode semester I Tahun 2022 terutama tim MSIB Kemendikbud Ristek,” imbuh Farid.

Selain itu beliau menegaskan bahwa meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan dan kendala, seharusnya hal itu tidak menjadikan (para pihak) kendor tetapi menjadi bahan evaluasi dan perbaikan semua pihak agar tidak terulang pada program berikutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan II Kemendikbud Ristek, Haryo Kusuma Wibawa, menjelaskan bahwa program ini ditujukan bagi mahasiswa aktif dengan harapan pada saat lulus nanti mahasiswa sudah memiliki gambaran tentang dunia kerja, etika, budaya dan kondisi riil di lapangan. “Program kolaborasi dari berbagai pihak ini bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa. Ke depan kami akan terus berusaha untuk memperbanyak kuota bagi mahasiswa untuk mengikuti Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB),” ungkap Haryo.

Direktur Jenderal Tata Ruang Gabriel Triwibawa hadir secara daring dan menutup secara resmi pelaksanaan INSPIRING periode semester I Tahun 2022. “Pengalaman dan pembelajaran selama 5 bulan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan bekal yang berharga untuk menjalani masa depan terutama dalam memupuk dan meningkatkan komitmen, integritas dan profesionalitas,” pungkas Gabriel.

Turut hadir dalam penutupan Program INSPIRING periode semester I Tahun 2022 ini antara lain Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian ATR/BPN, Agustyarsyah dan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Deni Santo. Kegiatan ini juga diwarnai dengan penyerahan sertifikat program secara simbolis kepada perwakilan mentor dan mahasiswa.


#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang
#MBKM-INSPIRING
#INSPIRING
#KampusMerdeka

Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita