DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

16 Agustus 2022

DUKUNG RDTR ARAHAN PRIORITAS NASIONAL DI KAWASAN INDUSTRI MADURA, DIREKTORAT JENDRAL TATA RUANG GELAR FGD DAN KONSULTASI PUBLIK

Bangkalan,- Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I menggelar Focus Group Discussion (FGD) kedua dan Konsultasi Publik (KP) pertama dalam rangka penyusunan Materi Teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RDTR Wilayah Perencanaan Labang dan sekitarnya yang diselenggarakan di Kabupaten Bangkalan pada Kamis (11/08/2022). FGD kali ini difokuskan untuk menjaring masukan dari berbagai pihak mengenai tujuan penataan ruang, konsep rencana struktur dan pola ruang serta penetapan isu pembangunan berkelanjutan paling strategis di WP Labang dan sekitarnya.

Membuka kegiatan, Wakil Bupati Bangkalan, Mohni menyampaikan apresiasi dan komitmen atas penyelenggaraan kegiatan bantuan teknis penyusunan RDTR WP Labang dan sekitarnya. Penyusunan RDTR ini bertujuan mendukung kegiatan industri di Pulau Madura khususnya di Kabupaten Bangkalan yang memiliki fungsi strategis. “Konsultasi Publik dalam penyusunan RDTR Arahan Prioritas Nasional di Kawasan Industri Madura diharapkan mampu menjaring aspirasi dari semua stakeholder termasuk masyarakat. Tercapainya kesepakatan bersama bertujuan mewujudkan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan untuk masa depan,” jelas Mohni.

Dalam arahannya, Yusmi Pranawati selaku Kepala Subdit Perencanaan Detail Tata Ruang Sosial Budaya Wilayah I menyampaikan bahwa untuk menciptakan RDTR WP Labang dan sekitarnya yang berkualitas, kerjasama dan komitmen seluruh pihak dalam memberikan informasi sangat dibutuhkan.

“Penyusunan RDTR WP Labang dan sekitarnya ini sangat penting dilaksanakan untuk mendukung kegiatan investasi di Pulau Madura, serta menyeimbangkan penataan ruang yang berkelanjutan di sekitar Kawasan Industri Madura,” ujar Yusmi. Sebagai informasi, penyusunan RDTR Kawasan Industri Madura merupakan kawasan strategis nasional yang dipilih sebagai salah satu target penetapan RDTR dengan bantuan teknis oleh Kementerian ATR/BPN.

FGD ini dihadiri oleh turut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Bangkalan, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bangkalan, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bangkalan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di tingkat Provinsi dan Kabupaten, Kecamatan dan Kepala Desa. Acara ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh seluruh peserta yang terlibat. Kesepakatan isu pembangunan berkelanjutan paling strategis yang berhasil dijaring pada sesi diskusi akan menjadi dasar masukan dalam penyusunan RDTR dan KLHS.

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang


Sumber : Dit. Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita