DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

17 September 2022

MENTERI ATR/KEPALA BPN MENINJAU KAWASAN IBU KOTA NUSANTARA

Balikpapan - Menteri ATR/Kepala BPN melakukan tinjauan lapagan di kawasan Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Rabu (14/09/2022). Tinjauan kali ini bertujuan memberikan dukungan untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara serta memastikan Program Strategis Nasional (PSN) berjalan dengan baik.

Pada kunjungan tersebut, Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan bahwa kunjungan kali ini bertujuan untuk memastikan apa yang menjadi tugas Kementerian ATR/BPN dalam pembangunan IKN benar-benar terlaksana dengan baik di lapangan. "Sesuai arahan Bapak Presiden kepada saya dalam hal mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), saat ini saya melakukan peninjauan sejumlah lokasi di kawasan Ibu Kota Nusantara untuk memastikan semua tugas Kementerian ATR/BPN berjalan dengan baik," tutur Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, terkait kebijakan tata ruang, Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa Kementerian ATR/BPN telah menyusun Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional IKN 2022-2024 yang dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2022. "Saya baru saja dari titik nol melihat secara langsung, secara fisik. Sejauh ini kita sudah menyusun 4 dari 9 materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Semuanya sudah selesai yaitu, Wilayah Perencanaan (WP) 1 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), WP 2 IKN Barat, WP 4 IKN Timur 1, WP 5 IKN Timur. Dan sudah dilakukan serah terima dokumen RDTR kepada Badan Otorita untuk selanjutnya dilakukan proses legislasi," ujarnya.

Turut serta dalam kunjungan kerja Menteri ATR/Kepala BPN di Kawasan Ibu Kota Nusantara, yakni Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni beserta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang
Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional

Twitter, Instagram, Tiktok @DitjenTataRuang
Facebook, Youtube: Ditjen Tata Ruang
Situs: tataruang.atrbpn.go.id


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita