DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

20 September 2022

TINGKATKAN KEAMANAN INFORMASI DIGITAL, KEMENTERIAN ATR/BPN GELAR RAPAT KOORDINASI TIM MONITORING TRANSFORMASI DIGITAL

Jakarta,- Sehubungan dengan program dan skema kerja Tim Monitoring Transformasi Digital, dilakukan Rapat Koordinasi lanjutan secara daring dan luring pada Jumat (16/09/2022) bertempat di Ruang Rapat Prambanan, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN. Rapat koordinasi dipimpin oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang, dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Kementerian ATR/BPN, dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, serta seluruh anggota Tim Monitoring Transformasi Digital Kementerian ATR/BPN.

Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Virgo Eresta Jaya, menjelaskan terdapat tantangan utama yang dihadapi oleh Kementerian ATR/BPN dalam melakukan transformasi digital yaitu pengintegrasian data tata ruang dan data pertanahan. Selain itu, aspek keamanan juga menjadi hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus berkaitan dengan upaya pencegahan kebocoran data pribadi.

Sejalan dengan Virgo, Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang, dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, Kementerian ATR/BPN, I Ketut Gede Ary Sucaya, menyampaikan upaya dalam mengatasi ancaman terhadap keamanan layanan digital salah satunya dilakukan dengan mengaktifkan penggunaan One Time Password (OTP) dalam setiap upaya registrasi dan login pada seluruh layanan digital yang tersedia di Kementerian ATR/BPN. Beliau juga menjabarkan bahwa Kementerian ATR/BPN sedang dalam proses pembentukan tim Computer Security Incident Response Team atau CSIRT. Tujuan utama tim tersebut adalah untuk mengendalikan kerusakan akibat insiden siber, mencegah terjadinya insiden di masa mendatang, dan memulihkan efek bencana siber terhadap layanan digital yang ada.

Dalam upaya mewujudkan transformasi digital, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Deni Santo, menjabarkan perlunya identifikasi kebutuhan pengembangan sistem, pembuatan panduan, serta penyusunan target dan rencana strategis pengembangan sistem dan peningkatan keamanan terhadap ancaman siber di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Pada kesempatan yang sama, Farid Hidayat selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, mengungkapkan bahwa seluruh pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Tata Ruang diwajibkan untuk menggunakan email dengan domain @atrbpn.go.id dan mengoptimalkan penggunaan e-office. Selain itu, Farid juga menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Tata Ruang sedang melakukan transformasi digital terhadap data spasial bidang tata ruang.

#Ditjentataruang
#Bersamamenataruang
#transformasidigital


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita