DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

21 September 2022

MAKSIMALKAN PELAYANAN PENGADUAN, DITJEN TATA RUANG GELAR RAPAT KOORDINASI HOTLINE PENGADUAN OMNI CHANNEL COMMUNICATION (OCA)

Jakarta,- Sebagai bentuk keterbukaan informasi serta mengubah wajah Kementerian ATR/BPN menjadi lebih efektif, efisien, dan akuntabel, maka disediakan layanan Hotline Pengaduan melalui Omni Channel Communication (OCA). Dalam rangka peningkatan pemahaman penggunaan OCA di lingkungan Direktorat Jenderal Tata Ruang, digelar rapat koordinasi Ruang pada Senin (19/09/22) bertempat di Ruang Rapat Prambanan, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN.

Sekretaris Direktorat Jenderal Tata Ruang, Farid Hidayat dalam pembukaan serta arahannya menyampaikan bahwa OCA merupakan layanan yang digunakan oleh Kementerian ATR/BPN untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat. masyarakat dapat menyampaikan pengaduan terhadap masalah pertanahan dan tata ruang melalui pesan pribadi pada aplikasi Whatsapp resmi hotline pengaduan. “Hotline Pengaduan ini merupakan bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat melalui layanan percakapan secara online,” jelas Farid Hidayat.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Hendro Praktikno menjelaskan bahwa dalam hotline pengaduan ini merupakan bentuk inovasi layanan pertanahan dan tata ruang yang ditunjukan bagi masyarakat. “Tujuan dari dibentuknya Hotline Pengaduan adalah memberikan informasi kepada masyarakat tanpa terkendala ruang dan waktu,” ucap Hendro Pratikno.

Lebih lanjut Hendro Pratikno mengatakan bahwa dengan adanya hotline pengaduan OCA ini diharapkan respon terhadap pertanyaan dari masyarakat akan semakin cepat dan efesien terjawab.

Menanggapi hal tersebut, Adhi Maskawan selaku Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan, Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN mengatakan bahwa OCA merupakan salah satu sistem pengaduan yang ada di Kementerian ATR/BPN. “Untuk memaksimalkan pelayanan, diberlakukan batas maksimal dalam memberikan respon demi terciptanya layananan yang efektif dan cepat,” tutup Adhi Maskwan.


Sumber : Sekretariat Ditjen Tata Ruang

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita