DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

6 Oktober 2022

PENYERAHAN DOKUMEN PERSETUJUAN SUBSTANSI RTRW DAN RDTR WILAYAH SUMATERA, JAWA, DAN BALI TAHUN 2022

Jakarta - Kementerian ATR/BPN melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang menyerahkan Persetujuan Substansi untuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Malang, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Perkotaan Kota Langsa, RDTR Wilayah Perencanaan Kota Langsa Wilayah 1, RDTR Wilayah Perencanaan Perkotaan Kota Langsa Wilayah 2, dan RDTR Wilayah Perencanaan Perkotaan Martapura Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur pada Selasa (04/10).

Membuka acara, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah 1 Reny Windyawati menjelaskan bahwa Undang – Undang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang memberikan waktu 1(Satu) bulan dalam proses penetapan persub untuk menjadi Peraturan Kepala Daerah (Perkada). “Direktorat Jenderal Tata Ruang terus berkomitmen untuk membantu proses penyusunan rencana tata ruang, yang terpenting adalah komunikasi dan komitmen dari seluruh stakeholder untuk bersama-sama melaksanakan percepatan penyusunan RTR,” jelas Reny Windyawati.

Selanjutnya, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan rasa terima kasih atas diberikannya dokumen persub RTRW Kota Malang. “Dengan diberikannya Persub RTRW Kota Malang ini, maka akan memudahkan dalam mengurus perizinan di Kota Malang,” ujar Sutiaji.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Wali Kota Langsa, Sayyid Abdul Majid mengungkapkan bahwa total sudah 60% dari total luas wilayah Kota Langsa telah memiliki RDTR. “Dengan adanya penyusunan RDTR ini dapat sejalan dengan kebijakan serta tidak menyalahi peraturan yang telah ada,” ucap Sayyid Abdul Majid.

Bupati Ogan Komering Ulu Timur, Lanosin mengatakan bahwa Ogan Komering Ulu Timur merupakan salah satu kabupaten dengan umur yang masih terbilang muda karena baru 18 tahun dibentuk. “RDTR menjadi hal yang diperlukan bagi OKU Timur agar investasi dapat berjalan dengan baik serta kegiatan ekonomi dapat terus maju dan berkembang,” ujar Lanosin.

#DitjenTataRuang
#BersamaMenataRuang


Sumber : Dit. Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita