DIREKTORAT JENDERAL TATA RUANG
KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG /
BADAN PERTANAHAN NASIONAL

22 November 2022

DUKUNG KABUPATEN AGAM SAMBUT TAHUN 2023 SEBAGAI TAHUN PARIWISATA, DIRJEN TATA RUANG BERIKAN BANTUAN TEKNIS PENYUSUNAN RDTR

Agam,- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional melalui Direktorat Jenderal Tata Ruang bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Agam menggelar Ekspose Akhir Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan (WP) Matur sebagai Arahan Prioritas Nasional di Geopark Ngarai Sianok – Maninjau yang dilaksanakan di Hotel Balcone Kabupaten Agam (21/11/2022).

Kegiatan Ekspose Akhir RDTR ini dibuka secara langsung oleh Bupati Agam, Andri Warman dan dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Agam, Novi Irwan, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan, Ernawati, Para Kepala Dinas di Kabupaten Agam, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta Camat Matur.

Dalam sambutannya, Bupati Agam Andri Warman memaparkan bahwa Gubernur Sumatera Barat mencanangkan bahwa tahun 2023 merupakan tahun pariwisata bagi Sumatera Barat. Untuk mendukung hal tersebut Pemerintah Daerah Agam perlu segera melakukan pengembangan kawasan Geopark Ngarai Sianok dan Danau Maninjau melalui penyusunan RDTR. “Pemberian Bantuan Teknis (Bantek) dari pemerintah pusat dalam penyusunan RDTR ini diharapkan menjadi tolak ukur pembangunan di Kabupaten Agam,” demikian disampaikan oleh Bupati Agam. Lebih lanjut beliau berharap Kabupaten Agam menjadi barometer pariwisata di Sumatera Barat dengan kekayaan wisata alam yang dimiliki.

Pada kesempatan yang sama Kasubdit Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Sosial Budaya Wilayah 1, Yusmi Pranawati menyampaikan bahwa RDTR WP Matur akan dipercepat untuk masuk ke tahap forum lintas sektor di Bulan Desember untuk nantinya ditetapkan menjadi peraturan bupati. “Setelah persyaratan administrasi terpenuhi, RDTR WP Matur akan kami jadwalkan untuk masuk ke tahap pembahasan forum lintas sektor di Jakarta pada bulan Desember,” Ucapnya.

Masih dalam serangkaian acara yang sama, dilakukan serah terima secara simbolis produk akhir Bantuan Teknis RDTR Arahan Prioritas Nasional di Geopark Ngarai Sianok – Maninjau dari Kementerian ATR/BPN kepada Pemerintah Kabupaten Agam..**


Sumber : Dit. Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I

Kembali ke halaman sebelumnyaIndeks Berita