Rapat Koordinasi Pembinaan Jabatan Fungsional Penata Ruang Pasca Penyetaraan Wilayah Administrasi Jawa Tengah dan Jawa Timur

Jakarta,- Sebagai tanggapan dari Amanah Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional, Kementerian Agraria Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional melalui Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang selaku unit teknis pembina jabatan fungsional penata ruang menyelenggarakan Rapat koordinasi sebagai bentuk pembinaan jabatan fungsional penata ruang.

Rapat koordinasi pembinaan jabatan fungsional penata ruang pasca penyetaraan wilayah administrasi Jawa Tengah dan Jawa Timur telah dilaksanakan di Hotel Gran Mahakam, Jakarta pada rabu (30/03/2022). Rapat koordinasi ini sukses diselenggarakan dengan dihadiri oleh lebih dari 30 instansi daerah di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Rakor kali ini bernarasumberkan Ibu Mita Nezky, SE., ME dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, dengan materi yang dibawakan “Transformasi Pengembangan Karier dalam Pespektif Penyetaraan Jabatan”. Ibu Mita menjelaskan bahwa proses penyetaraan instansi daerah untuk kondisi tertentu dapat dilakukan hingga 31 Desember 2022. Berarti, masih ada waktu maksimal hingga 9 bulan ke depan bagi instansi daerah untuk melakukan proses penyetaraan kondisi tertentu.

Ibu Mita menambahkan terkait mekanisme uji kompetensi mekanisme penyetaraan. Bahwa untuk uji kompetensi mekanisme penyetaraan hanya diselenggarakan bagi jabatan fungsional yang kualifikasi pendidikannya masih dibawah Sarjana (S1). Uji Kompetensi mekanisme penyetaraan diselenggarakan oleh Instansi Daerah masing – masing dan berkoordinasi dengan instansi pembina. Instansi daerah wajib melaporkan hasil uji kompetensi kepada instansi pembina dan instansi Pembina memfasilitasi panduan pelaksanaan dan Instrumen Uji Kompetensi;

Berdasarkan hasil rakor, diketahui rekapitulasi jumlah Jabatan Fungsional Penata Ruang Ahli Muda hasil penyetaraan di Jawa Tengah sebanyak 61 orang dan Jawa Timur 40 orang. Sehingga, Per tanggal 30 Maret 2022 didapatkan total jumlah Jabatan Fungsional Penyetaraan adalah 129 Jabatan Fungsional Penata Ruang Ahli Muda.